Home Security
Sistem Pengintai Digital PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   
Tuesday, 30 November 1999

Security & Otomation

Image
Rumah Anda Aset Masa Depan
Jika anda tidak biasa sepenuhnya tenang saat berlibur, mudik, atau meninggalkan rumah dalam keadaan kosong,, maka anda tidak sendirian. Survey dari Royal Mail, di Inggris terhadap 1.000 orang yang berpergian menemukan, lebih dari separuh di antara mereka mencemaskan rumah mereka dibobol maling ketika mereka pergi.

Semua orang pasti ingin rumah tetap aman saat ditinggal pergi. Jika anda mengira dengan menyuruh orang untuk menjaganya anda dapat merasa aman? Sepertinya anda perlu membaca ini hingga halaman terakhir, karena hendaknya anda mengontrol milik anda sendiri. Bagaimana bisa?Repotkah?Tentu Mahal? Tentu tidak!!

Anda mungkin kenal dengan Shaw Walter pencuri yang dipenjara 11 tahun karena membobol perhiasan senilai $70 juta atau senilai Rp 650M, di dalam DVD yang disusunnya berjudul: It Took a Thief to Stop a Thief menjelaskan bagaimana mencegah terjadinya pembobolan rumah, seperti berikut:

Seminggu Sebelum Berangkat:

  • Minta Tukang susu, tukang Koran untuk tidak mengantar Koran dan susu selama anda pergi atau berhenti berlangganan dulu untuk sementara sampai anda memintanya lagi. Pastikan tidak ada orang yang mendengarkan permintaan ini di saat anda menyampaikannya.
  • Beritahu kepala satpam atau pos satpam di lingkungan perumahan Anda, bahwa anda akan pergi. Jika ada organisasi atau persatuan peronda dari kalangan warga, beritahu ketua organisasi tersebut saat rumah anda kosong.
  • Minta tolong ke tetangga yang bias dipercaya untuk sesekali dating kerumah untuk memberikan kesan ada orang di dalam rumah. Misalnya dengan membuka gorden, menyingkirkan brosur atau lealets yang berserakan di serambi depan, dan menyiram tanaman. Tanaman yang mengering dapat menjadi petunjuk pasti rumah kosong.
  • Atur timer pada peralatan listrik dan lampu di sekitar rumah. Program untuk menyalakan dan mematikan tv atau radio pada malam hari, sekitar jam tidur malam. Atur hidup - mati lampu dengan interval tertentu dan gunakan lampu luar yang otomatis. Lampu yang menyala terus, siang-malam juga bias menjadi petunjuk bagi para maling.
  • Periksa semua pintu, termasuk garasi dan pintu penghubung antara garasi dan dalam rumah. Jangan meninggalkan tangga dan peralatan lainnya di garasi. Jika tidak memungknkan membawa tangga masuk ke dalam rumah, titipkan ke tetangga atau dirantai dengan rantai berat dan digembok.
    Pasang kunci tambahan pada pintu interior sehingga kalau pun maling masuk, maling akan sulit meneruskan penjelajahannya.
  • Pelihara anjing cerewet yang banyak menggonggong. Yang aling rebut adalah chicuabua, bukan antjing gembala Jerman. Kebanyakan anjing besar bukan penggonggong yan baik. Anjing kecil yang membuat banyak suara yang lebih baik digunakan untuk menghalau maling.

 

Satu Hari Sebelum Berangkat

  • Potong rumput dan rapikan taman atau pekarangan rumah. Sapu daun dan bunga-bunga kering dan singkirkan sampah.
  • Beri tanaman pot dan pot gantung dengan penyerapan air yang baik.
  • Gembok semua pintu taman di sekitar rumah anda. Anda juga bias memasangkan kawat berduri dan menancapkan beling tajam di tembok taman.
  • Simpan semua barang berharga seperti perhiasan atau yang lainnya di bank. Jika anda tidak berlangganan safe deposit box, sembunyikan uang tunai dan perhiasan di tempat -tempat tak terduga. Disarankan pula menyembunyikan di tempat atau kamar cuci pakaian. Kebanyakan maling tak akan mencari disisi atau simpan di freezer dan tempat-tempat aneh lainya. Menurut pengalaman Shaw pada saat merampok rumah separuh dari 15 menit dihabisakan di kamar tidur, memeriksa tempat penyembunyian yang paling umum, seperti: laci, pakaian dalam, bawah kasur, lampu baca, dan sebagainya.
  • Periksa semua lampu otomatis dan timer peralatan agar berfungsi secara baik.

 

Hari Pemberangkatan

  • Periksa semua pintu dan jendela dalam keadaan terkunci baik.
  • Nyalakan alarm jika anda punya. Hampir semua rumah yang dirampok memiliki system alarm, tetapi lebih dari separuhnya tidak dinyalakan.
  • Pastikan alamat lengkap rumah tidak tampak pada koper. Di Negara-negara maju, salah satu trik yang paling popular digunakan para maling masuk ke rumah adalah dengan memperhatikan alamat yang tercantum pada koper.
  • Usahakan meletakkan barang-barang di dalam rumah sedemikian rupa sehingga tidak terlihat dari luar yang seakan mengiklankan barang di dalam rumah anda.
  • Jangan pernah membiarkan jendela tetap terbuka di saat anda keluar rumah, kendatipun tampaknya jendela tersebut sulit dijangkau. Pasang kunci jendela yang tepat. Pun untuk jendela di laintai atas. Pasang teralis pengapan pada kaca jendela dan kaca skylights.
  • Jangan biarkan pintu belakang dan pintu-pintu lainnya tidak dikunci pada saat anda naik ke lantai atas.
  • Pintu depan harus mempunyai rantai pengaman, lubang pengintai, dan kunci mortise atau dead bolt (kunci yang giginya tertanam di dalam kusen pintu).

 

Anda tidak perlu repot lagi, karena seluruh sistem tersebut telah diotomatiskan oleh Kami, sehingga anda tinggal berlenggang berlibur ke tempat favorit keluarga :).

 

 

 

Last Updated ( Saturday, 31 March 2007 )