Elektronika Asik
02. Alarm PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   
Tuesday, 30 November 1999

Kita tentu pernah mendengar bagaimana bunyi alarm yang dihadirkan dari sebuah mobil polisi atau ambulans. Unit seperti itu sangat mahal sekali kalau kita membelinya dalam bentuk jadi. Tetapi sebenarnya kita tidak perlu merasa kecewa kalau kita ingin memiiiki unit seperti tersebut dengan membuatnya sendiri dan tidak mengurangi mutu serta kualitasnya. Pengaturan mengenai besar keciinya volume bisa kita iakukan melalui potensiometer 5K.

Last Updated ( Thursday, 05 April 2007 )
Read more...
03. Alarm Ganda PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   
Tuesday, 30 November 1999

Pencuri-Pencuri zaman sekarang tidak berpikiran sederhana. Seperi digambarkan dalam komik-komik. Pencuri profesional mempelajari teknik-teknik tinggi dari sistem alarm paling mutakhir, dan untuk memberantas meraka merupakan hal yang sulit. Bahkan pencuri amatir pun banyak mengetahui sistem alarm yang digunakan dan akan mencoba untuk mematikannya. Kadang-kadang hal ini begitu mudah bagi para pencuri itu karena pengawatannya dapat terlihat. Rangkaian yang diperlihatkan disini memberikan problema-problema yang lebih sulit bagi pencuri. Hal ini diutamakan untuk memberikan perlindungan satu pintu tunggal, jendela atau peralatan tertentu, perangkat elektronik misalnya.

Last Updated ( Thursday, 05 April 2007 )
Read more...
04. Alat Uji Pengawatan Jala-jala PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   

Rangkaian ini diciptakan dengan sebuah ide sederhana yaitu sesuatu yang digunakan berkali-kali sampai menjadi suat~ yang perlu sekali. Pikirlah bagaimana sederhananya suatu alat uji fasa! Tetapi, semua perangkat itu hanya dapat memperlihatkan apakah sambungan jala-jala hidup adalah baik atau tidak, dimana pemakai harus menerka jalur-jalur netral dan bumi. Tidak lebih dari itu alatuji pengawatan jala-jala ini memungkinkan ketiga buah jalur diperiksa dengan mudah hanya dengan menekan knop. Bila rangkaian dihubungkan pada pengawatan jala-jala, kedua neon tersebut akan menyala redup. Jika sekarang knop ditekan, satu lampu tidak akan menyala dan yang tain akan dengan terang. Ini memberitahukan kita tiga hal, yaitu adanya suatu fasa, jalur hidup yaitu jalur dengan neon yang menyala dan semua tiga jalur lain bekerja.

Rangkaian sederhana ini terdiri dari dua buah lampu neon (dengan resistor deret di dalam), sebuah knop tekan dan sebuah potensiometer 100 kSZ tambahan.

Read more...
05. Alat Uji Transistor Sederhana PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   
Tuesday, 30 November 1999

Rangkaian sederhana ini memeriksa fungsi dan mengukur penguatan arus (hFE) transistor bipolar jenis PNP maupun jenis NPN. Bekerja dengan cara memberikan arus konstan yang diketahui kebasis transistor, lalu mengukur arus kolektor. Karena arus kolektor dari transistor dalam keadaan tak jenuh sama dengan hFE dikalikan arus basis, maka dengan mudah dapat dihitung nilai hFE. Pada kenyataannya, alat ukur yang digunakan untuk mengukur arus kolektor dapat langsung ditera terhadap hFE.

Last Updated ( Thursday, 05 April 2007 )
Read more...
06. Amplifier PDF Print E-mail
Written by Rizki Noor Hidayat Wijayaź   

Ciri istimewa rangl~etian amplifier ini adalah efisiensinya yang tinggi. Sifat ini merupakan akibat diparalelnya beberapa amplifier tunggal menurut suatu skema tertentu. Pada rangkaian ini dipakai 4 amplifier tunggal. Amplifier ini memberikan daya sekitar 8W dengan efisiensi 78%.

Keempat amplifier linear dengan berbagai tegangan kerja akan dikendalikan oleh tegangan keluaran, sehingga hanya sebuah amplifier yang memberikan arus untuk beban dan tentunya penguat bekerja dengan membandingkan tegangan keluaran dengan tegangan kerja berikutnya yang lebih tinggi.

Read more...
<< Start < Previous 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 1 - 5 of 98